Banner
Statistik
  Visitors : 135423 visitors
  Hits : 110210 hits
  Today : 99 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

hefriasra@gmail.com    

MEMBACA BUKAN SEKEDAR HOBI

Tanggal : 10-11-2016 11:49, dibaca 182 kali.

Menurut As-Sirjani dalam bukunya Spirtual Reading, beliau merasa heran ketika mendapati seseorang yang memiliki hobi membaca. Menurutnya membaca adalah kebutuhan yang primer. Ia membandingkan dengan seseorang yang mengatakan “Hobi saya minum air putih”, padahal setiap orang minum air?! Bukankan air adalah sebuah kebutuhan primer, sama seperti membaca yang sesungguhnya menjadi kebutuhan primer yang seharusnya menjadikan membaca itu sebagai konsep hidup.

Ingatkah bagaimana Malaikat Jibril pertama kali datang kepada Rasulullah SAW, dengan berulang kali menyebutkan kata “Bacalah”.  Kata-kata itu terucap oleh malaikat Jibril sebelum mengatakan kepada Rasulullah bahwa ia adalah malaikat yang diutus oleh Rabb penguasa langit dan bumi.

 

Kata “bacalah” yang hadir pertama kali dan bukan kata “belajarlah” . Karena tujuan membaca adalah tahu. Jadi bagaimana kita tahu jika kita tidak membaca, karena ketika kita belajar ada banyak caranya melalui  mendengar, melihat, pengalaman, atau latihan. Akan tetapi ketika kita hanya mendengar atau melihat  ia tak akan bisa kita ulangi ketika sumber yang kita peroleh sudah tiada atau rusak. Sama halnya dengan pengalaman atau latihan ketika tidak tertuangkan dalam bentuk tulisan yang mampu kita baca akan membuat kita lupa sebagian kecil atas pengalaman yang pernah dilalui.

So… Semangat kawan untuk membaca…

Bahkan Rasulullah setelah perang Badar, meminta tawanan perang orang musyrik yang ingin membebaskan dirinya dengan syarat mengajarkan cara membaca dan menulis sepuluh orang muslim. Aneh bukan ??? Bisa saja Rasulullah meminta harta sebagai tebusan atau menjadikan mereka sebagai penukar kaum muslimin yang tertawan.

Tetapi kemampuan membaca dan menulis merupakan kemampuan penting untuk membangun peradaban madani itu sendiri. Ketika kita bercita-cita membangun peradaban Madani tetapi tidak memulai dengan menjadikan membaca sebagai konsep hidup, maka kitalah yang memperlambat pembangunan cita-cita Madani itu kawan…

Ingatlah sebuah ucapan seorang Yahudi “Kita tidak takut dengan orang Islam, sebab orang Islam adalah umat yang tidak membaca”

Tips untuk menumbuhkan minat baca:

1. Cari tahu apa tujuan membaca

2. Menyusun perencanaan membaca

3. Mengatur waktu

4. Mulai setahap demi setahap

5. Totalitas dalam membaca

6. Teratur dalam mengikat makna

7. Buat perpustakaan mini di rumah

8. Sampaikan apa yang dibaca

9. Bantu sahabat dalam membaca

10. Cari ilmu dari ahli, ulama, dan orang-orang yang memiliki pengalaman (u/ memotivasi tentang sedikitnya ilmu yang kita miliki)

 



Pengirim :


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas