Banner
Statistik
  Visitors : 134954 visitors
  Hits : 109617 hits
  Today : 76 users
  Online : 2 users
:: Kontak Admin ::

hefriasra@gmail.com    

Tips Mudah Dan Fakta Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017

Tanggal : 03/08/2017, 09:03:25, dibaca 198 kali.

               Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Base Test yang biasa disingkat UNBK/CBT adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK sangat berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT). SMKN 1 Limbung pada tahun 2017 mendatang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer setelah sekian lama menunggu. Ujian Nasional Berbasis Komputer merupakan suatu topik yang sangat menarik untuk kita bahas karena hal ini mungkin masih merupakan hal baru disebagian wilayah di Indonesia.

Tips Mudah Dan Fakta Menghadapi UN Berbasis Komputer 

1. Lakukan Aktivitas seperti Biasa
Selama ujian jangan terlalu tegang dan jangan terlalu takut, lakukanlah hal seperti biasa yang kamu lakukan. Misalnya mandi, sarapan dan aktivitas lainnya karena saat menjawab soal UN 2017 kamu perlu tenaga ekstra. Oleh karna itu, jika memang kamu terbiasa sarapan jangan mencoba untuk tidak sarapan dan sempatkan sarapan karena bahaya jika ketika kamu menjawab soal ujian jadi sakit perut karena tidak sarapan atau pusing karna tidak punya tenaga dari sarapan (pusing klo gak sarapan itu TS :v). Saat ujian sedang berlangsung siswa tidak diijinkan untuk keluar ruangan. Jaga kesehatan juga penting, karena didalam ruangan LAB semua komputer dinyalakan bersamaan, maka AC/Pendingin harus selalu dinyalakan juga, otomatis ruangan akan terasa lebih dingin.

2. Pakai Kaca Mata dan Jangan Ngitung di Monitornya Karena berbasis komputer dan soal dilihat di layar monitor komputer, tidak dipungkiri lagi kalau kamu akan lebih sering terkena dampak radiasi komputer dan sinar layar monitor. Pakailah kaca mata yang cocok buat kamu, jangan gunakan kaca mata renang atau kaca mata hitam, kamu sedang ujian nasional bukan mau jalan-jalan atau berenang (tapi klo kamu maksa yah silahkan biar gak "mainstream" :v). Kalau kamu biasa menghitung dikertas pertanyaan, nah jangan lalukan ini saat UNBK karena soal ujian ada di layar monitor jadi layar monitornya jangan dicoret-coret. Kalau mau ngitung, hitung lah dikertas buram atau kertas yang disediakan oleh panitia Ujian Nasional.

3. The Power tombol “F5” di Keyboard Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini adalah terjadi “ngelag” atau aplikasi ujian nasionalnya tidak bisa diklik. tapi tenang jangan panik, itu bukanlah masalah yang besar. jadi kamu dapat menekan tombol “F5” yang ada di Keyboard Komputer kamu, maka semua akan berjalan lancar seperti biasa karena fungsi dari tombol "F5" adalah untuk me-refresh.

4. Berdoalah sebelum Ujian Nasional Berlangsung Selain mempersiapkan fisik kamu juga perlu untuk melakukan ritual spiritual. Doa merupakan hal yang mujarab untuk bisa membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. Jadi berdoa lah. karna usaha tanpa doa itu berarti sombong (kata bu guru fisika jaman SMP sih hehehehe

 

Fakta menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer

1. Siswa Mengerjakan Soal Ujian Lebih Cepat Selesai Fakta ini seakan terabaikan oleh para siswa dan orang tua dari siswa. Bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada UNBK siswa tidak perlu khawatir atau takut akan terjadinya kesalahan dalam pengisian biodata yang wajib diisi pada LJK Siswa. Biasanya mengerjakan sistem manual di LJK bisa memakan waktu sampai 5 menit atau bahkan lebih, belum lagi resiko salah isi, akan membuat siswa tidak lulus karena nilainya tidak ada yang memiliki. Sementara pada UNBK kamu cukup memasukkan Username dan Password di komputer tempat UNBK maka kamu pun sudah bisa langsung menjawab dengan tenang dan santai.

2. Gak Perlu Takut kalau Gaptek Buat kamu yang gak bisa pake komputer ato bahkan gak bisa pakai komputer dalam menggunakan komputer tidak perlu khawatir karena siswa akan kesulitan. Pasalnya siswa akan dipandu oleh orang-orang profesional di bidangnya seperti Proktor dan Teknisi dan dapat dipastikan tidak akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan meskipun bukan orang yang mahir menggunakan komputer.

3. Nilai Kejujuran dalam Mengerjakan Soal Kejujuran merupakan suatu hal yang pasti akan didapatkan ketika menggunakan sistem UNBK ini. karena resiko terjadi kecurangan atau manipulasi data, kebocoran soal dan lain sebagainya akan semakin tipis atau bahkan tidak akan terjadi. Baik itu siswa maupun orang tua jangan takut untuk menggunakan sistem UNBK ini, karena hal ini bisa menjadi langkah awal untuk membuat peserta ujian bisa jujur dan serius dalam belajar. (tau lah temen temen klo dikelas TS suka nyontek klo pas ujian dan itu bikin bete) --" .

4. Siswa Tidak Takut Tidak Lulus Mulai tahun 2015 kemaren, kelulusan sepenuhnya akan di tentukan sendiri oleh pihak sekolah. Sementara berapapun nilai UN yang didapatkan tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan, hanya saja nilai yang tinggi akan membuat kamu mudah untuk melanjutkan ke jenjang yang berikutnya misal mendaftar kuliah atau lain sebagainya.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas