Login Member
Username:
Password :

SMAN 1 Batanghari di dirikan pada tahun 1978 yang dahulu bernama SMA PGRI. Diberi nama PGRI karena sekolah ini didirikan oleh sebuah yayasan yang bernama PGRI I yang diprakarsai 6 orang yaitu :

  1. Bulkani
  2. Suraji
  3. Yaksap
  4. Sofian Efendi
  5. Melawani
  6. NN

SMA PGRI didirikan atas dasar:

  • Di kabupaten Baanghari belum ada SMA
  • Banyaknya usia sekolah SMA yang tidak dapat bersekolah
  • Agar anak-anak usia sekolah SMA mendapatkan pendidikan


    Kepala sekolah pertama SMA PGRi adalah Bulkaini yang memimpin SMA PGRI selama 2 tahun dan awal sekolah Suraji Bulkaini adalah seorang TKS (tenaga kerja sukarela) yang berasal dari Padang. SMA PGRI pertama kali terletak di Gedung pemerintah di Rengas Condong (sekarang gedung partai Golkar di depan SD centre) kemudian SMA PGRI berpindah ke SD PGRI belum mempunyai gedung persekolahan sendiri maka waktu kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada waktu sore hari setelah siswa SD sudah selesai melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
   
    Setelah dua tahun memimpin Bulkaini pindah ke Jambi sehingga Suraji yang menjabat sebagai wakil kepala sekolah menjadi kepala sekolah SMA PGRI yang kedua, pada masa kepemimpinan Suraji setelah siswa SMA PGRI mengalami peralihan status dari swasta menjadi negeri atas pengajuan usul ke Depdiknas. SMA PGRI berubah nama menjadi SMAN 1 dan mempunyai gedung persekolahan sendiri yang di bangun di Jalan A. Yani No. 1 dengan catatan siswa kelas satu langsung menjadi siswa SMA negeri dan siswa kelas dua dan tiga tetap melanjutkan menjadi siswa PGRI.

    Sejak awal dibangun gedung atau kelas berjumlah 4 kelas yaitu 2 kelas untuk kelas I dan I kelas untuk kelas 2 dan 3. Satu kelas memiliki siswa rata-rata 40 siswa. Sehingga jumlah siswa 150 orang. Dan mempunyai tenaga pengajar 8 orang karena masih memiliki tenaga pengajar yang terbatas maka 1 orang guru dapat mengajar 2 atau 3 mata pelajaran. Dan karena status SMA yang sendiri kegiatan belajar dilaksanakan di waktu pagi hari. Tenaga pengajar yang sebelumnya bukan guru negeri kemudian telah memiliki tenaga pengajar guru negeri.

    Setelah siswa kelas 2 dan 3 PGRI menamatkan studinya, Suraji meletakkan jabatannya sebagai kepala sekolah SMAN 1. Masa kepemimpinan beliau menjadi kepala sekolah sekitar 4 tahun kemudian digantikan oleh Rahmatamin sebagai kepala sekolah SMAN 1 yang pertama. Seiring dengan bertambahnya masa kepemimpinan SMAN 1 mengalami perkembangan sarana dan sarana. Setelah Rahmatamin kepala sekolah digantikan oleh Rustam Djunaid, S.Ip sebagai kepala sekolah kedua. Kemudian digantikan Syamsirwan, S.Pd, pada masa kepemimpinan beliau SMAN 1 mengalami kemajuan yang pesat baik dari sarana dan prasarana, jumlah tenaga pengajar dan prestasi.
   
    Pada tahun 2006 jabatan kepala sekolah digantikan oleh Nuriwan Bhakti, S,Pd. SMAN 1 Batanghari tampil sebagai sekolah favorit di Kabupaten Batanghari dan menjadi satu-satunya sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Kabupaten Batanghari. SMAN 1 mengalami perkembangan di berbagai bidang termasuk sarana pembelajaran.